PENGERTIAN DAN TIPE-TIPE ORGANISASI

Tinggalkan komentar

Maret 30, 2012 oleh idhafarida

Organisasi dapat membantu pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan secara individu, tetapi organisasi dapat mempengaruhi kehidupan kita dan sebaliknya kita dapat pula mempengaruhi kehidupan organisasi. Organisasi sebagai himpunan, terdiri atas kelompok orang yang saling bekerjasama di dalam suatu struktur tata hubungan antar kelompok atau unit kegiatan yang melaksanakan fungsi masing-masing, demi tercapainya tujuan bersama yang menjadi tujuan organisasi yang bersangkutan (Mardikanto, 1993).

Menurut Kartono (2001) organisasi adalah sekumpulan orang yang tunduk pada konvensi bersama untuk mengadakan kerjasama dan interaksi guna mencapai tujuan bersama, dalam angka keterbatasan sumberdaya manusia dan sumber materiil. Robbins (2003) menjelaskan organisasi adalah suatu unit sosial yang dikoordinasikan secara sengaja, terdiri dari dua orang atau lebih yang berfungsi pada suatu basis yang relatif berkesinambungan untuk mencapai tujuan atau serangkaian tujuan.

Etzioni (1985) mengatakan bahwa, pada umumnya organisasi ditandai oleh ciri-ciri sebagai berikut: (1) adanya pembagian dalam pekerjaan, kekuasaan dan tanggung jawab komunikasi yang merupakan bentuk-bentuk pembagian yang tidak dipolakan begitu saja atau disusun menurut cara-cara tradisional, melainkan dengan sengaja direncanakan untuk dapat lebih meningkatkan usaha mewujudkan tujuan tertentu; (2) adanya satu atau beberapa pusat kekuasaan yang berfungi mengawasi pengendalian usaha-usaha organisasi serta mengarahkan organisasi mencapai tujuannya, pusat kekuasaan harus juga secara kontinu mengkaji sejauh mana hasil yang telah dicapai oleh organisasi, dan apabila memang diperlukan harus juga menyusun lagi pola-pola baru guna meningkatkan efisiensi; (3) penggantian tenaga, dalam hal ini tenaga yang dianggap tidak bekerja sebagaimana diharapkan, dapat diganti oleh tenaga yang lain.  Demikian pula organisasi dapat mengkombinasikan lagi anggotanya melalui proses pengalihan maupun promosi.

Beberapa ciri dalam mengenali organisasi menurut Slamet (2010), yaitu: (1) Organisasi terdiri atas orang-orang atau kelompok, sehingga ukuran organisasi lebih besar dari kelompok, (2) Orang-orang tersebut saling berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama, (3) Interaksi tersebut diukur berdasarkan suatu struktur yang selalu bersifat formal, (4) Setiap orang dalam organisasi mempunyai tujuan-tujuan pribadi dan berharap organisasi itu akan dapat menolongnya mencapai tujuan-tujuan tersebut, dan (5) Interaksi juga dapat mencapai tujuan-tujuan bersama yang mungkin berbeda tetapi berkaitan dengan tujuan-tujuan pribadi.

Lebih lanjut, jenis-jenis organisasi menurut Slamet (2010) meliputi empat macam yaitu :

(1)   Leader-oriented organization. Jenis ini dicirikan bahwa pengambilan keputusan selalu dilakukan oleh pemimpin,  sementara pengabdian dan kepatuhan anggota diperlukan.

(2)   Patriarchal (leadership) organization. Tipe ini terdapat hubungan antara pemimpin dan anggota seperti hubungan antara bapak dan anak. Anggota selalu memerlukan restu/ persetujuan oleh pemimpin, meskipun keputusan dibuat oleh anggota.

(3)   Bureaucracy. Organisasi diatur oleh struktur tertentu, beroperasi sesuai seperangkat peraturan/ketentuan tertentu,  dan tanpa menghubungkan dengan pemimpin atau pemegang kekuasaan tertentu.

(4)   Democratic organization. Organisasi jenis ini memiliki ciri-ciri anggota yang mempunyai hak bersuara, keputusan diambil secara bersama, pemimpin tunduk pada keputusan bersama dan pemimpin memberikan arahan dan tidak memberikan perintah.

 

REFERENSI

Etzioni, A. 1985. Organisasi-organisasi Modern. Jakarta: Universitas Indonesia.

Kartono, K. 2001.  Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu?.  Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Mardikanto, T. 1993. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Robbins, S. P,. 2003. Perilaku organisasi. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Slamet, M. 2010. Materi Kuliah Manajemen Kelompok dan Organisasi. Disampaikan pada Mahasiswa Program S2 Program Studi Ilmu Penyuluhan Pembangunan (PPN) Sekolah Pascasarjana IPB, Maret – April 2010. Bogor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Maret 2012
S S R K J S M
    Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031